Cara Mengatasi Jerawat Dengan Mudah

Cara Mengatasi Jerawat dengan Mudah

Bagaimana cara mengatasi jerawat dengan mudah? Hampir semua orang pernah mengalami rasanya punya jerawat. Hal ini terutama ketika sedang berusia remaja. Namun jerawat juga bisa timbul pada orang yang sudah dewasa alias bukan remaja lagi.

Masa remaja atau disebut juga masa pubertas adalah waktu yang paling krusial bagi seseorang dalam mengalami gangguan jerawat. Karena saat itu hormon pada tubuh mengalami lonjakan produktifitas yang tinggi.

Makin sensitif tubuh terhadap hormon, maka makin besar pula kemungkinan jerawat menghiasi wajah dan beberapa bagian tubuh lainnya. Apalagi diperparah dengan adanya penumpukan bakteri pada kulit dan sebum (minyak) yang diproduksi oleh kelenjar kulit.

Penyebab Tumbuhnya Jerawat

Meski penyebab utama terjadinya jerawat dengan adanya perkembangan hormon pada masa remaja, beberapa kondisi tertentu juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami jerawat.

Dan diantara penyebab timbulnya jerawat antara lain:
1. Fluktuasi hormon pada wanita selama masa menstruasi.
2. Kebiasaan memakai benda tertentu, seperti topi atau helm, serta bandana.
3. Memanipulasi jerawat, misalnya memencet atau memecahkannya.
4. Tinggal di daerah beriklim panas atau lembap.
5. Pemakaian kosmetik yang berbahan dasar minyak.
6. Mengonsumsi obat-obatan tertentu yang mengandung bahan androgen dan litium.

Ada yang memperkirakan faktor genetik juga dapat turut berperan dalam pembentukan terjadinya jerawat. Namun haru ini masih harus diteliti dan didalami lebih lanjut.

Proses Terbentuknya Jerawat

Gangguan jerawat pada kulit bisa muncul di bagian tubuh mana saja, sepanjang terdapat kelenjar minyak dan folikel rambut di sana. Selain wajah, jerawat bisa ikut merajalela pada bagian punggung, bahu, leher, dada, serta lengan atas.

Cara Mengatasi Jerawat dengan Mudah

Masalah gangguan kulit ini memang tidak berbahaya, namun jerawat bisa mengganggu penampilan sehingga menurunkan kepercayaan diri bagi penderitanya, terutama jerawat batu yang dapat meninggalkan bekas luka.

Penyebab terbentuknya jerawat adalah adanya sel-sel kulit mati dan sebum yang membentuk sumbatan pada pori-pori kulit. Bila sumbatan ini mengalami infeksi bakteri, maka akan terjadi peradangan dan akhirnya menyebabkan timbul jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Mudah

Sampai saat ini, ada beberapa jenis obat yang banyak direkomendasikan oleh dokter dalam mengobati jerawat. Dan keampuhan obat-obatan inipun telah dibuktikan secara ilmiah.

Berikut ini beberapa jenis obat yang dimaksud:

1. Benzoil Peroksida
Obat yang mengandung senyawa benzoil peroksida bisa didapatkan secara bebas, tanpa memerlukan resep dokter. Namun ada juga obat dengan kandungan serupa yang harus dipakai dengan resep dokter.

Obat yang biasanya berbentuk oles ini akan memberantas bakteri pada permukaan kulit yang sering memperparah kondisi jerawat. Jika memakai obat ini, efek samping yang mungkin terjadi bisa berupa iritasi atau kulit yang kering.

2. Retinoid
Obat oles ini terbukti efektif untuk mengatasi komedo hitam maupun putih. Komedo hitam (blackheads) adalah komedo terbuka yang terlihat seperti titik hitam pada permukaan kulit. Karena berada pada pori-pori yang masih terbuka, sumbatan yang menutupi folikel ini lebih mudah diobati.

Sementara komedo putih (whiteheads) adalah sumbatan yang berada dalam pori-pori yang tertutup. Komedo jenis ini lebih sulit untuk dihilangkan.

Retinoid umumnya hanya bisa diberikan oleh dokter. Obat ini mempunyai efek samping yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, cacat lahir juga bisa menjadi risiko, sehingga ibu hamil tidak disarankan untuk menggunakan obat ini. Dan ingat konsultasikan  dulu dengan dokter.

3. Antibiotik
Selain dengan dioles, antibiotik untuk mengobati jerawat juga bisa diberikan dalam bentuk obat untuk minum. Di samping mengendalikan bakteri pada permukaan kulit, antibiotik juga bisa mengurangi peradangan pada kulit.

Antibiotik akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan kedua jenis obat di atas. Namun penggunaan antibiotik hanya dianjurkan untuk menangani jerawat yang parah dan ini harus tetap dikonsultasikan dengan dokter.

Obat ini kemungkinan bisa menyebabkan kekeringan pada kulit, reaksi alergi, juga efek samping lainnya. Karena itu, pemakaianannya harus senantiasa dengan resep dokter.

Demikian beberapa Cara Mengatasi Jerawat dengan Mudah yang efektif dan sudah terbukti secara klinis. Meski demikian, harus tetap meminta nasihat ataupun berkonsultasi dengan dokter dalam memilih jenis obat yang cocok untuk jenis kulit anda. INGAT, jangan sembarangan memakai obat-obatan.
Sumber: Biangcara.com

Related Posts