Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Wajah berjerawat memang mengganggu penampilan, untuk itu harus segera diatasi agar bersih dari jerawat. Selain itu jerawat juga bisa merusak kulit, serta mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit akibat adanya kotoran. Cara menghilangkan jerawat secara alami adalah salah satu alternatif untuk mengatasi jerawat dengan aman.

Dalam mengatasi jerawat harus diberi perlakuan khusus, janganlah mengobati jerawat dengan obat sembarangan. Hal ini disebabkan karena kulit wajah adalah kulit yang paling sensitif dari seluruh tubuh. Apabila kita salah dalam memberikan pengobatan, kemungkinan kulit wajah kita bisa rusak dan jerawat kita bertambah parah.

Jerawat terjadi akibat tumbuhnya jaringan lemak di bawah kulit sehingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan radang. Jerawat yang meradang akan terasa menyengat dan sakit jika disentuh.

Jenis Bentuk Jerawat

Setidaknya jerawat ada 2 macam menurut bentuknya yaitu,
1. Jerawat yang hanya tumbuh satu namun bentuknya besar dan bulat.
2. Jerawat yang hanya tumbuh kecil-kecil dan jumlahnya banyak.
Jerawat yang kecil-kecil lebih gampang untuk dihilangkan, yaitu bisa dengan dipencet atau di scrub. Namun untuk jenis jerawat yang bulat tebal dan besar, harus mendapat perlakuan ekstra. Karena jerawat jenis ini mengandung lemak dan susah dihilangkan.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Banyak cara menghilangkan jerawat pada wajah yang bisa dilakukan. Dan salah satu yang dilakukan kebanyakan orang adalah, dengan memencet paksa jerawat agar mata jerawat keluar. Ini merupakan cara instan, namun cara ini cukup menyakitkan. Selain itu, akan berdampak meninggalkan bekas luka terbuka pada kulit. Dan hal ini bisa saja menyebabkan infeksi, yang disebabkan adanya kuman atau tidak bersihnya tangan dan alat yang digunakan untuk mengeluarkan jerawat.

Selain cara diatas, bisa juga dengan memakai produk-produk pembersih wajah yang banyak beredar dipasaran untuk menghilangkan jerawat. Namun jika ingin mencoba cara alami yang lebih aman, ada beberapa tips cara alami menghilangkan jerawat dibawah ini. Tentu saja bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami.

Baca juga: Cara Perawatan Jerawat Pada Kulit Sensitif


Cara Alami Menghilangkan Jerawat

1. Menggunakan Jeruk Nipis
Basuh muka terlebih dahulu dengan air hangat dan bersih. Keringkan dengan handuk secara perlahan, dan jangan digosok terlalu keras. Iris tipis jeruk nipis lalu oleskan ke wajah anda, terutama pada bagian yang berjerawat. Memang agak sedikit perih, namun tahan saja karena itu artinya zat asamnya sedang bereaksi. Diamkan selama kira–kira 15 menit, lalu bilas dengan air dingin, agar wajah terasa segar. Lakukan setiap hari jika perlu, atau sehari dua kali, untuk pengobatan jerawat dan dua hari sekali untuk mencegah jerawat dan menghilangkan jerawat.

2. Menggunakan Buah Mentimun
Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat-hangat kuku dan handuki hingga kering. Tempelkan irisan tipis timun merata ke seluruh permukaan wajah hingga tertutup. Diamkan selama 30 menit, lalu cuci muka anda dengan air dingin yang bersih kemudian keringkan. Lakukan sesering mungkin, karena efeknya wajah anda akan segar dan rileks. Cara lain, adalah dengan parutan mentimun  yang ditempelkan merata di atas permukaan wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

3. Menggunakan Buah Bengkoang
Ambil satu buah bengkoang dan parut atau bisa dihaluskan dengan blender. Tidak perlu ditambah air, karena bengkoang sudah mengandung air yang cukup. Bersihkan dahulu wajah dengan air hangat yang bersih, agar pori-pori kulit terbuka. Setelah itu, ratakan ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu basuh wajah dengan air dingin agar pori-pori kulit menutup kembali. Lakukan cara ini setiap sore agar proses menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan cepat dan dengan hasil yang maksimal.

4. Menggunakan Tomat dan Minyak Zaitun
Siapkan buah tomat dan minyak zaitun. Kita hanya memerlukan sedikit, jadi tidak perlu membuat adonan yang terlalu banyak. Potong tomat menjadi 4 bagian, campurkan dengan minyak zaitun. Jangan lupa hilangkan biji tomat, kemudian campur dan haluskan hingga lembut. Bersihkan dahulu wajah dengan air hangat. Aplikasikan masker ke seluruh wajah. Tunggu sekitar 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

5. Memakai Tomat dan Alpukat
Siapkan kedua buah tersebut (buah tomat dan alpukat). Kita hanya memerlukan sedikit, jadi tidak perlu membuat adonan yang terlalu banyak. Potong tomat menjadi 4 bagian, begitu juga dengan alpukatnya. Kemudian ambil satu bagian tomat dan satu bagian alpukat, haluskan, jangan lupa hilangkan biji tomat terlebih dahulu. Bersihkan dahulu wajah dengan air hangat. Aplikasikan masker ke seluruh wajah. Tunggu sekitar 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

6. Menggunakan Yoghurt
Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Ambil satu sendok yoghurt lalu ratakan ke permukaan wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu basuh dengan air dingin. Lakukan cara ini dua hari sekali secara teratur agar jerawat lebih cepat menghilang.
Harap pastikan yoghurt yang dipakai adalah yoghurt tawar, tanpa rasa dan berwarna putih. Yoghurt jenis ini bisa didapatkan di supermarket.

7. Menggunakan Kopi
Masker kopi ampuh untuk menghilangkan jerawat dan juga menghilangkan bekas jerawat. Sebelum mengaplikasikan masker kopi, kita pun harus memebersihkan wajah dengan cara yang sama sepvg5erti sebelum mengaplikasikan yoghurt. Setelah itu campur masker kopi dengan sedikit air agar kita mudah mengaplikasikannya. Masker kopi dioleskan ke wajah dan jangan lupa dipijat perlahan-lahan. Diamkan selama 30 menit dan basuh dengan air dingin lalu handuki perlahan.
Masker kopi berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan juga noda hitam bekas jerawat. Selain itu ternyata masker kopi bisa membuat wajah juga lebih cerah bersinar.


8. Menggunakan Wortel
Pillih wortel dengan kualitas yang baik. Parut wortel itu sampai halus dan tempelkan ke wajah dan diamkan selama 15 – 20 menit. Basuh wajah dengan air dingin
Masker ini berfungsi selain bisa menghilangkan jerawat juga bisa membuat wajah menjadi cerah alami dan berseri.

Baca juga: Cara Mengobati Jerawat Dengan Mudah menggunakan obat-obatan ilmiyah

9. Memakai Buah Apel
Basuh muka anda terlebih dahulu dengan air hangat–hangat kuku. Setelah itu keringkan dengan lembut menggunakan handuk. Parut buah apel dan tempelkan di wajah anda hingga rata. Usahakan agar menutupi bagian yang berjerawat juga. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Setelah itu ulangi lagi. Tempelkan kembali masker apel tersbut ke wajah anda, lalu tunggu selama 15 menit. Setelah itu basuh dengan air dingin.

Hal ini dulakukan dua kali karena yang pertama berfungsi untuk menyerap minyak berlebih terlebih dahulu, sementara penggunaan yang kedua memasukkan vitamin apel ke dalam kulit dan mengobati jerawat. Vitamin tersebut akan terserap melalui pori-pori kulit dan membunuh kuman penyebab jerawat. Lakukan  setiap hari secara rutin untuk pengobatan jerawat dan dua hari sekali untuk perawatan kulit dan mencegah jerawat.

Semoga tips Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami diatas dapat membantu mengurangi dan menghilangkan jerawat Anda secara maksimal.

Referensi:
Biangcara.com

Related Posts